Langkah-Langkah Dalam Mendapatkan Syahadah Pengajar TPQ/BTQ

Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mendapat syahadah pengajar TPQ/BTQ khususnya wilayah pekalongan dan sekitarnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan diri anda dengan belajar terlebih dahulu sebelum berangkat untuk tes.
  2. Sedikit bocoran saja, bahwa nantinya materi yang akan diujikan adalah membaca ayat Al-Qur'an yang terdapat bacaan ghoribul qur'an nya.
  3. Walaupun yang dibaca merupakanghoribul qur'an namun dalam aspek penilaian tajwid, dan makhorijul huruf tetap diutamakan, jadi walaupun anda benar dan paham ghoribul qur'an, namun masih salah dalam tajwidnya maka anda akan dipersilahkan untuk kembali belajar, dan seketika itu langsung mundur dari hadapan beliau sang penguji, digantikan peserta ujian selanjutnya.
  4. Nah yang paling penting adalah anda datang langsung ke kediaman sang penguji, beliau adalah Bapak Drs. H. Mochammad Chumaidi ZM, tepatnya di daerah medono kota pekalongan. Catat namanya yah, kali aja sebelum ujian di hadiahi fatihah supaya dimudahkan, hhihihi
    Jadi walaupun anda sudah mahir ketiganya, baik ghoribul qur'an, tajwid,maupun makhorijul huruf, namun masih dirumah saja, dan tidak berangkat untuk mendapatkan syahadah maka anda termasuk kalah dengan mereka yang gagal sampai 15 kali hanya untuk mendapat syahadah, jadi bergegaslah...
    Kenapa? Selanjutnya akan saya bahas pentingnya syahadah.
  5. Ujian pentashih pengajar dan pembimbing buku qira'ati (P3BQ) hanya di langsungkan pada hari jum'at saja, selain hari tersebut anda tidak bisa datang untuk ujian, berlaku juga untuk pengambilan syahadah.
  6. Setelah anda ujian dan lulus, maka akan mendapatkan formulir untuk pembuatan syahadah dan di dalamnya terdapat perintah untuk menyertakan foto berukuran 4x6, jadi barang kali ujian anda langsung lulus tidak ada salahnya jika foto sudah dipersiapkan, karena waktu pembuatan yang cukup lama, akan lebih lama lagi jika mengumpulkan formulirnya menunggu jum'at depan karena belum membawa foto, kan sayang waktunya
  7. Setelah formulir di isi lengkap dengan foto, maka tinggal dikumpulkan dan menunggu kurang lebihnya dua minggu syahadah bisa diambil.

Ujian dan pembuatan syahadah memang tidak dipungut biaya sedikit pun alias gratis, namun pada umumnya sebagai tanda terimakasih para peserta ujian menyiapkan amplop yang berisi tentunya, dan diserahkan ketika pengambilan syahadah.

Pentingnya syahadah itu:
  1. Sebagai syarat pendaftaran guru, terlebih guru TPQ atau BTQ, jika ada pelamar yang menyertakan syahadah sudah pasti akan diprioritaskan.
  2. Dengan adanya syahada berarti kita sudah bisa dikatakan benar-benar layak untuk mengajarkan ilmunya.
  3. Sebagai syarat pengambilan bisyaroh guru TPQ, berarti bagi semua guru ataupun calon guru TPQ maupun BTQ wajib mempunyai syahadah.

0 Response to "Langkah-Langkah Dalam Mendapatkan Syahadah Pengajar TPQ/BTQ"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2