KHOYRUL.MY.ID

Waktu Tidur Yang Baik Dan Bermanfaat

Tidur menjadi pilihan yang paling tepat jika kita dalam keadaan lelah, letih, lesu, lemas dan le le yang lain, tidak jarang juga yang memang hobinya tidur tanpa alasan apupun baik lelah maupun lainnya, yups mereka itulah yang masuk dalam kategori tukang molor, biasanya orang dengan karakter seperti itu cenderung pemalas.

Namun, ada juga sebagian orang yang begitu sibuknya sehingga tidak ada waktu untuk beristirahat, nah yang kayak gini juga nggak bagus yah, tubuh kita itu bukan mesin, mesin aja butuh istirahat terlebih tubuh kita.

Sebagai manusia yang butuh bersosial, dan khususnya bagi seorang muslim tentu kita harus pandai memilih waktu yang tepat untuk beristirahat, seperti apa sih waktu istirahat atau tidur yang tepat itu? Yuk kita simak berbagai macam waktu tidur yang baik dan yang tidak.

Dalam syariat islam ada 5 macamnya tidur, hal ini disampaikan oleh beliau guru kita syeh muhammad nawawi al jawi dalam kitabnya "maroqil 'ubudiyah" yaitu:

1. Tidur 'ailulah yaitu, tidur yang dilakukan setelah fajar, tidur ini bisa mewariskan lupa.

Sering yah kita mendengar ucapan seperti tersebut diatas, biasanya disampaikan oleh para orang tua, yang memarahi anaknya saat tidur setelah subuh, hal itu ternyata bukan tanpa dasar kawan, sayangnya tidak jarang dari kita yang mengabaikannya, dengan alasan tahayul dan lain sebagainya, bahkan terkadang ada yang menjawab tidak adanya hubungan antara tidur dan lupa, itu salah besar kawan...
Dalam islam telah mengatur demikian, jadi marilah kita hindari tidur yang demikian.

Selain tidur 'ailulah masih ada lagi loh, selanjutnya yaitu
2. Tidur ghoilulah adalah, tidur yang dilakukan pada waktu dhuha, tidur ini bisa menyebabkan faqir.

Bagaimana tidak mewariskan faqir coba, waktu dhuha itu kan umumnya orang mencari nafkah, lah yang masih tidur kan berarti nggak mencari nafkah mau kaya dari mana? Itu sih dari pemikiran saya pribadi, namun jika dikaitkan dengan manfaat dari sholat dhuha sendiri yaitu bisa mempermudah risqi, maka cocok jika tidur diwaktu dhuha bisa mewariskan faqir.

3. Tidur Qoilulah yaitu, tidur diwaktu istiwa', tidur yang demikian bisa mewariskan kaya.

Waktu istiwa itu ketika matahari tepat diatas kita, biasanya sekitar jam 11-12 lah, kali ini tidur yang sangat bermanfaat, karena bisa mewariskan kaya, tapi bukan berarti dengan tidur diwaktu istiwa terus tapi nggak kerja yah, hheee
Pada waktu istiwa itu sudah mulai istirahat bagi pekerja, selain menunggu waktu sholat dhuhur juga badan sudah mulai lelah dan sangat butuh beristirahat untuk melanjutkan aktifitas selanjutnya.

Dengan tidur diwaktu ini ketika bangun kita akan merasakan tubuh kita menjadi lebih fresh dari sebelumnya, para ahli kesehatan juga menganjurkan hal yang demikian.

4. Tidur kailulah, yaitu tidur yang dilakukan setelah ashar, tidur ini bisa mewariskan gila.
Sering juga yah kita mendengar pernyataan demikian, lagi lagi orang tua benar, walaupun mereka tidak mengetahui asal atau sumber beritanya namun mereka tetap menyampaikan kepada anak dan cucunya supaya terhindar dari akibat perbuatannya. Nah yang terakhir adalah

5. Tidur failulah yaitu, tidur yang dilakukan setelah maghrib, tidur ini bisa mewariskan fitnah.
Huhu ngeri juga yah kawan...
Itulah macam-macam tidur, tidur kita akan berkualitas jika dilakukan pada waktu yang dianjurkan dan dengan tidur yang cukup. Karena kurang dan kelebihan tidur efeknya sangat tidak baik bagi tubuh.

Dari 5 macam tidur tersebut diatas ada 4 yang mewariskan kejelekan dan 1 yang baik yaitu mewariskan kaya, dengan istirahat pada waktu istiwa'.
Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfat. :)

Tebarkan Kemanfaatan

Tulisan Menarik Lainnya:

Ngobrolin Waktu Tidur Yang Baik Dan Bermanfaat Yuk !

Sistem komentar blog ini terkoneksi dengan facebook. Silahkan klik Like/Suka fans page Facebook dibawah ini terlebih dahulu.