Tips Berkendara (Motor) ala Khoyrul

Kemaren kan ceritanya pengin pulang ke rumah, tepatnya di pemalang, sebenarnya sih udah berencana dari minggu lalu, tapi saking sibuknya (sok sibuk) lupa dan nggak jadi, mengingat banyak hal yang harus dipertimbangkan juga termasuk ijin sekolah dan lain sebagainya termasuk meninggalkan kamu, iya kamu sayang ehh ko jadi kesini... Hhee

Namun kangen banget sama orang rumah serta masalah yang sedang melanda saat itu menguatkan niat untuk pulang, maka minggu ini baru beneran pulang, sebenarnya waktu 3 hari itu terlalu singkat masih mending nggak usah pulang, terlebih belum punya SIM, sepanjang perjalanan akan menjadi momen menegangkan dong...

Dan ternyata, terbukti... setiap lihat ijo-ijo saya kira itu polisi dan langsung berdebar lebih kencang nih jantung kaya lagi jatuh cinta dan ketemu sama sidoi ajah salah tingkah kan jadinya, nggak enak banget lah pokoknya, sehingga saya memutuskan untuk jalan lebih santai bahasa koreanya alon-alon asal kelakon, gremet-gremet asal selamet.

Nah dari sini saya merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berkendara salah satunya adalah semua surat lengkap baik STNK maupun SIM selain itu juga harus berhati-hati, terlebih kendaraan bermotor, dengan berhati-hati kita akan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan, baik yang terjadi pada kita pribadi maupun orang lain, karena tidak menutup kemungkinan walaupun kita sudah berhati-hati namun yang menjadi penyebab kecelakaan adalah pengendara yang lain.

Namun dengan berhati-hati, kecelakaan yang akan disebabkan pengendara lain juga tidak akan mengenai kita, hal ini terlepas dari qodo dan qodarnya Allah yah, jika memang sudah menjadi takdir sih nggak dibahas, namun paling tidak kita sudah berusaha sebaik mungkin.

Kemarin saat perjalanan juga ada kecelakaan yang terjadi di perbatasan kota pekalongan dan kabupaten pekalongan antara pengendara sepeda oleh orang tua dan motor oleh pemuda, pemuda tersebut terjatuh terlebih bapaknya, sampai tidak bergerak sedikitpun entah pingsan atau bahkan meninggal ditempat,  yang jelas sepedanya sampai hancur dan kepala sibapak berdarah.

Kasihan banget kan yah, itulah yang membuat saya menulis artikel ini. Coba kita renungkan bareng, jika saja sibapak lebih berhati-hati ketika nyebrang, walaupun sipemuda ngebut pasti nggak sampai tertabrak, dan bagi sipemuda jika saja berhati-hati, kalaupun sibapak nyebrangnya salah pasti nggak sampai ditabrak, jadi gak akan terjadi kecelakaan kan...

Tidak selang lama setelah kejadian kecelakaan tersebut, ada lagi pengendara yang tidak mengunci helmnya sehingga terbang oleh angin, tepat dibelakangnya adalah saya, coba bayangkan jika yang dibelakang tidak berhati-hati, sudah pasti jatuh karena terkena helm yang jatuh dan menghalangi jalannya, itukan bisa menyebabkan kecelakaan pada orang lain, juga ketika terjadi kecelakaan pada pengendara tersebut, kan kepalanya bisa luka parah gara-gara helmnya lepas kan? ...

Jadi intinya, bagi pengendara ayolah kita kurangi terjadinya kecelakaan dengan berhati-hati ketika berkendara...
Saya akan berbagi tips nih supaya perjalanan kita selamat dan pengendara lain juga selamat karena kita, selamat dari pak polisi juga yah...

1. Pastikan kondisi kita baik
Jika lagi nggak enak badan mending ditunda dulu perjalanannya nunggu kindisi kita membaik.
2. Pastikan kendaraan kita juga baik
Sebelum berangkan kita harus cek dulu kondisi kendaraan kita, baik bahan bakar, kondisi ban dan lainnya.
3. Patuhi rambu lalu lintas
Adanya rambu lalu lintas itu memudahkan kita dalam berkendara, jadi jangan sampai melanggar deh.
4. Istirahatlah jika lelah
Yang ini penting juga loh, terkadang kita terlalu bersemangat ingin segera sampai di tempat tujuan, namun tidak memperhatikan bahwa kita lelah, maka jika lelah berhenti dan beristirahatlah.
5. Jalan sesuai jalur
Artinya kita jangan sampai melawan arus, harus sesuai jalur, kalaupun terkadang harus melawan tapi harus tetap lebih berhati-hati karena sesungguhnya itu bukan jalur kita, jadi jika terjadi sesuatu pasti kita yang akan disalahkan.
6. Surat lengkap
Penting banget nih, surat yang nggak lengkap akan membuat kita khawatir selama perjalanan, dan nggak menutup kemungkinan bisa menyebabkan celaka loh, jadi lengkapi surat dulu.
7. Berdo'a
Hal yang sangat penting dan tak jarang yang melupakan adalah do'a, sepele yah tapi penting banget, kenapa? Karena dengan berdo'a kita merasa bahwa kita bukan siapa-siapa dan sangat butuh pertolongan Allah, maka ketika mau ngebut dan ugal-ugalan bahkan mau menghiraukan rambu lalu lintas akan teringat Allah, dan pastinya Allah juga akan mengingat kita serta melindungi kita.

Oh iya ada do'anya loh khusus untuk berkendara
Subhaa na ladzi sakhoro lana hadza wa maa kunna lahu mukrinina wa inna lahu mungkolibuun
Dan banyakin baca sholawat...
Semoga selamat sampai tujuan bagi yang bepergian :)
Tebarkan Kemanfaatan