Adab Orang Kaya dan Adab Orang Miskin

Dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya ketika melakukan aktivitas saja yang ada adab/ tata caranya, menjadi orang kaya atau bahkan miskin pun ada adabnya loh, mau tau?? simak penjelasan dibawah ini

Menjadi orang kaya tidak boleh semena-mena dalam berbuat, ada adab yang harus dijaga oleh orang kaya tersebut supaya "kaya" nya menjadi berkah, diantara adabnya adalah:

  1. Selalu bersikap tawaduk (luzumut-tawaduk)
  2. Menghapus sikap sombong (nafyut-takabur),insyaallah sudah pasti terhapus sikap sombongnya jika melakukan adab yang pertama.
  3. Senantiasa bersyukur (dawamus-syukur), harus bersyukur dong, kan sudah jadi orang kaya.
  4. Terus bekerja untuk kebajikan (at-tawasul ila 'amalil birr), jangan malah sebaliknya, gara-gara sudah kaya jadi malah malas bekerja, hati-hati nih, bisa jadi itu ciri-ciri sifat sombong.
  5. Menunjukan wajah yang berseri-seri atau bahagia kepada orang fakir dan gemar mengunjunginya (al-basyasyah bil faqir wal iqbal 'alaihi) dengan begitu bisa selalu bertambah rasa syukur terhadap Allah dan pastinya akan lebih menyayangi orang fakir dan miskin.
  6. Menjawab salam kepada siapa saja (raddus salam 'ala kulli ahadin), bukannya malah menjawab salam dari sesama orang kaya saja, terkadang ada yah yang model begini, itu yang tidak diperbolehkan.
  7. Menampakkan diri sebagai orang yang berkecukupan (idh-harul kifayah), berpenampilan sederhana lah intinya, nggak terlalu mewah yang menunjukan semua hartanya.
  8. Lembut dalam bertutur dan berperangai ramah (lathafah al kalimah wa thibul mu'anasah)
  9. Suka membantu untuk kepentingan-kepentingan yang positif (al-musa'adah alal khoirot), baik membantu tenaga maupun yang lainnya, yah yang jelas hartanya juga dong, kan orang kaya... supaya menjadi kaya yang bermanfaat.

Semua adab yang sudah dijelaskan diatas, merupakan ajaran dari imam-al ghazali, jadi tidak perlu ragu lagi untuk segera mengamalkannya yang insyallah akan memberi keberkahan bagi pelakunya.

Nah untuk adab orang miskin, silahkan mengamalkan adab orang kaya tersebut diatas, kenapa? supaya menjadi kaya beneran karena mengamalkan amalannya orang kaya otomatis dia merupakan orang kaya, kaya hati yang jelas... kaya harta segera menyusul dengan syarat harus berusaha hhee.

Sekian, dan terimakasih semoga bermanfaat...
Tebarkan Kemanfaatan