Bikin Terharu, Inilah Awal Perjalanan Karir Shah Rukh Khan

Karir Shah Rukh Khan
Di mulai pada tahun 1988–92: Debut televisi dan film
Peran pertama yang dibintangi Khan adalah dalam serial televisi Lekh Tandon Dil Dariya, yang memulai syuting pada 1988, namun penundaan produksinya membuat serial tahun 1989 Fauji menjadi debut televisinya. Dalam serial tersebut, yang menggambarkan sorotan realistis di pelatihan kadet tentara, ia memainkan peran utama Abhimanyu Rai Ini berujung pada penampilan lanjutan dalam serial televisi Aziz Mirza Circus (1989–90) dan serial mini Mani Kaul Idiot (1991). Khan juga memainkan bagian-bagian kecil dalam serial-serial Umeed (1989) dan Wagle Ki Duniya (1988–90), dan dalam film televisi berbahasa Inggris In Which Annie Gives It Those Ones (1989). Penampilannya dalam serial-serial tersebut membuat para kritikus membandingkan penampilan dan gaya aktingnya dengan pemeran film Dilip Kumar, namun Khan tak berniat berakting film pada masa itu, dengan menganggap bahwa ia tak terlalu baik dalam hal tersebut.

Bikin Terharu, Inilah Awal Perjalanan Karir Shah Rukh Khan

Khan mengubah keputusannya untuk berakting dalam perfilman pada April 1991, dengan alasan itu merupakan sebuah jalan untuk melarikan diri dari kenangan kematian ibunya. Ia pindah dari Delhi ke Mumbai untuk menjalani karier waktu penuh di Bollywood, dan dengan cepat menandatangani kontrak untuk empat film. Tawaran pertamanya adalah untuk debut penyutradaraan Hema Malini Dil Aashna Hai, dan pada bulan Juni, ia memulai pengambilan gambar pertamanya. Debut filmnya adalah dalam Deewana, yang dirilis pada Juni 1992. Dalam film tersebut, ia beradu peran dengan Divya Bharti sebagai pemeran laki-laki utama kedua setelah Rishi Kapoor. Deewana menjadi hit box office dan meluncurkan karier Bollywood Khan; ia meraih Penghargaan Debut Laki-laki Terbaik Filmfare atas penampilannya. Selain itu, film-film pertama lainnya yang dirilis pada 1992 yang menampilkan Khan sebagai pemeran laki-laki utama meliputi Chamatkar, Dil Aashna Hai, dan film komedi Raju Ban Gaya Gentleman, dimana ia pertama kali berkolaborasi dengan aktris Juhi Chawla. Peran-peran film awalnya menampilkannya memainkan karakter-karakter yang menyimpan energi dan keantusiasan.

1993–94: Peran jahat
Sepanjang perilisan tahun 1993, Khan meraih banyak apresiasi atau peran-peran jahat dalam dua hit box office: seorang kekasih obsesif dalam film Darr, dan seorang pembunuh dalam film Baazigar. Darr menandai kali pertama dari beberapa kolaborasi Khan dengan pembuat film Yash Chopra dan perusahaannya Yash Raj Films. Kemampuan Khan dan pemakaian frase "Aku mencintaimu, K-k-k-Kiran" menjadi populer di kalangan audien. Untuk film Darr, ia meraih sebuah nominasi untuk Penghargaan Filmfare untuk Pementasan Terbaik dalam sebuah Peran Negatif, juga dikenal sebagai Penghargaan Peran Jahat Terbaik, namun kalah dengan Paresh Rawal untuk film Sir. Baazigar, dimana Khan memainkan sebuah peran ambigu yang membunuh pacarnya, mengejutkan audien India dengan kekerasan tak terduga dari rumus Bollywood standar. Dalam The Cambridge Companion to Modern Indian Culture, Sonal Khullar menyebut karakter tersebut sebagai "peran jahat terkonsumsi".Penampilannya dalam film Baazigar, yang menjadi kali pertama dari beberapa penampilannya dengan aktris Kajol, membuat Khan memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik pertamanya. Pada 2003, Encyclopedia of Hindi Cinema menyatakan bahwa Khan "menampilkan citra pemeran utama konvensional dalam kedua film tersebut dan menciptakan versinya sendiri dari peran revisionis".Selain itu pada 1993, Khan menampilkan sebuah adegan telanjang dengan Deepa Sahi dalam film Maya Memsaab, meskipun bagian tersebut disensor oleh Badan Sertifikasi Film Pusat. Kontroversi menimpanya terhadap adegan-adegan semacam itu dalam peran-peran mendatang.

Pada 1994, Khan memerankan seorang musisi yang jatuh cinta dalam film komedi-drama Kundan Shah Kabhi Haan Kabhi Naa dimana ia beradu peran dengan Deepak Tijori dan Suchitra Krishnamurthy, yang kemudian ia nyatakan menjadi peran favoritnya. Penampilannya membuatnya meraih Penghargaan Kritikus Filmfare untuk Penampilan Terbaik, dan dalam sebuah ulasan retrospektif dari tahun 2004, Sukanya Verma dari Rediff.com menyebutnya sebagai penampilan terbaik Khan, dengan berkata bahwa "Ia spontan, mulia, jantan, tak bekesudahan dan berpendirian akting dari hati." Selain itu pada 1994, Khan memenangkan Penghargaan Perang Jahat Terbaik Filmfare atas perannya sebagai seorang kekasih obsesif dalam film Anjaam, yang juga dibintangi oleh Madhuri Dixit dan Deepak Tijori. Pada masa itu, memainkan peran-peran antagonistik dianggap beresiko pada karier pemeran utama dalam Bollywood. Ray kemudian menyanjung Khan karena telah mengambil "resiko insani" dan "menekan tabir" dengan memilih untuk memainkan karakter-karakter semacam itu, dengan mendirikan karirnya di Bollywood. Sutradara Mukul S. Anand menyebutnya "wajah baru industri" pada masa tersebut.

1995–98: Peran percintaan

Khan dengan Kajol pada 2014 saat perayaan 1000 pekan penayangan berkelanjutan dari film mereka Dilwale Dulhania Le Jayenge
Khan membintangi tujuh film pada 1995, yang pertama adalah film cerita seru melodrama Rakesh Roshan Karan Arjun. Beradu peran bersama dengan Salman Khan dan Kajol, film tersebut menjadi film berkeuntungan tertinggi kedua pada tahun tersebut di India. Perilisan paling signifikannya pada tahun tersebut adalah debut penyutradaraan Aditya Chopra, film percintaan Dilwale Dulhania Le Jayenge, dimana ia memerankan seorang India non-residen muda yang jatuh cinta dengan karakter Kajol saat berkunjung ke Eropa. Khan awalnya gugup memerankan peran seorang kekasih, namun film tersebut dikenal karena mendirikannya sebagai sebuah "peran percintaan".Disanjung oleh para kritikus dan masyarakat, film tersebut menjadi produksi berkeuntungan tertinggi pada tahun tersebut di India dan luar negeri dan dideklarasikan menjadi sebuah "blockbuster sepanjang masa" oleh Box Office India, dengan keuntungan lebih dari ₹1,22 miliar (US$19 juta) di seluruh dunia. Film tersebut mrupakan film yang paling lama ditayangkan dalam sejarah perfilman India; film tersebut masih ditampilkan di teater Maratha Mandir di Mumbai setelah lebih dari 1000 pekan pada awal 2015. Film tersebut memenangkan sepuluh Penghargaan Filmfare, termasuk Penghargaan Aktor Terbaik kedua yang diraih oleh Khan. Sutradara dan kritikus Raja Sen berkata, "Khan memberikan sebuah penampilan cerdik, mendefinisikan ulang kekasih untuk 1990an dengan penampilan besar. Ia tampan dan berselip, namun tak tertandingi [bagi kalangan audien]. Penampilannya sendiri, seperti hal yang terbaik dalam bisnis, juga memainkan kemampuan tak terupaya, seperti halnya non-akting.

Nantikan kisah selanjutnya yah...

0 Response to "Bikin Terharu, Inilah Awal Perjalanan Karir Shah Rukh Khan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2