Tradisi Saat Ramadhan di Jagapura Brebes


Hallo semua, masih pada puasa kan yah...
Lebaran sebentar lagi nih, cepet banget yah hari nya, tidak terasa ramadan akan segera berlalu loh, yuk kita manfaatkan dengan baik waktu sedikit yang tersisa ini dengan meningkatkan ibadah kita. Oh iya, udah di juz berapa nih??? Al-qur'an nya... Sholat sunahnya juga, dan ibadah² yang lain.

Sekedar mengingatkan diri sendiri ajah sih hheee, sebenarnya pembahasan kali ini bukan tentang ibadah, tapi tradisi yang berbeda² dari setiap daerah saat bulan puasa, dan saya akan membahas tradisi di daerah yang saat ini saya tempati yaitu di rumah suami tepatnya di daerah brebes, kecamatan kersana, desa jagapura.

Pertama, saya nggak terlalu kaget dengan tradisi jalan² pagi saat bulan puasa yah, karena didaerah saya juga gitu, tapi yang saya kaget karena disini hampir setiap hari ramai loh, masyarakat berbondong² ke stasiun kereta api yang letaknya di tengah persawahan, di pagi hari terlihat sangat indah, uniknya lagi, anak² ramai membawa petasan  dan dinyalakan ah pokoknya ramai deh...

Kedua, tradisi membangunkan sahur, itu saya kira di semua daerah ada termasuk di daerah saya, tapi berbeda di jagapura yang perlengkapannya sangat istimewa dengan membawa sound ada orgen, kendang, bahkan ada penyanyinya juga persis orkes keliling, sedangkan biasanya kan dengan peralatan seadanya seperti ember, botol dan lainnya, tidak hanya itu, setiap setengah bulan sekali ada pertunjukan barongsai juga gimana nggak semangat bangun sahurnya yah...

Ketiga, saat yang ini nanti saya cari tau dulu yah, kalo sudah ketemu segera saya infokan...

Tebarkan Kemanfaatan