Menjawab Salam Dari Non Muslim Hukumnya




Menjawab salam adalah perkara yang wajib dilakukan oleh orang islam, sedangkan mengucapkan salam hukumnya sunah, jadi kita harus berhati-hati dengan salam, karena jika kita tidak menjawabnya maka dosa yang akan kita dapat. hakikat dari salam adalah do'a sehingga do'a yang baik akan kembali kepada diri sendiri. bagaimana dengan do'a atau salam yang diberikan oleh orang kafir? wajib dijawab kah? atau bahkan haram untuk dijawab? temukan jawabannya dibawah ini!

Menjawab salam dari orang non muslim hukumnya mubah atau boleh, hal ini dikarenakan untuk menjaga perasaan dari orang yang berusaha menghargai kita, namun kalimatnya berbeda dari jawaban salam untuk sesama muslim yaitu "wa'alaikum" demikan jumhur ulama menyepakati kalimat untuk menjawab salam dari orang non muslim.

Hadist yang diriwayatkan oleh annas bin malik bahwa ada seorang yahudi yang melewati Rasulullah Saw, lalu ia mengucapkan as saamu 'alaik (celakalah engkau). Rasulullah Saw lantas menjawab wa'alaikum (engkau yang celaka). Rasulullah Saw lantas bersabda: apakah kalian mengetahui bahwa yahudi tadi mengucapkan as saamu 'alaik? para sahabat lantas menjawab ya Rasulullah bagaimana jika kami membunuhnya saja? Rasulullah Saw menjawab, jangan. jika mereka mengucapkan salam pada kalian maka ucapkanlah wa'alaikum. (HR. Bukhori)

Ibnu Hajar rahimahullah berkata, hadist diatas menunjukan bahwa ada perbedaan menjawab salam orang muslim dan orang kafir. ibnu Battol berkata: sebagian ulama berpendapat bahwa membalas salam orang kafir adalah wajibberdasarkan keumuman ayat (yaitu surat an-nisa ayat 86). shohih dari ibnu abbas ia berkata: "jika ada yang mengucapkan salam padmu, maka balaslah ucapannya walau ia seorang majusi". namun Imam Malik dan jumhur (mayoritas ulama) melarang demikian, Atho berkata Ayat 86 surat an-nisa hanya khusus bagi kaum muslimin. jadi tidak boleh menjawab salam orang kafir secara mutlak.

Menjawab salam dari orang non muslim cukup dengan kata wa'alaikum saja tidak boleh lengkap wa'alaikumsalam dengan berdasarkan hadist dari Annas bin Malik Ra.

0 Response to "Menjawab Salam Dari Non Muslim Hukumnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2