Berat Badan Turun Saat Hamil, Normal Kah?

Hamil bagi wanita yang sudah berstatus menjadi istri merupakan hal yang sangat didambakan dan di idamkan, dan setelah moment tersebut didapat tidak selesai sampai disitu, ada hal yang lebih diharapkan bagi wanita hamil yaitu bayi tumbuh sehat dan berkembang dengan normal, nah salah satu tanda bahwa kehamilan tersebut normal adalah ketika berat badan ibu hamil naik yang berarti bayi didalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan baik, namun adakalanya keadaan berbalik yaitu berat badan ibu hamil malah turun, apakah hal tersebut bisa dikatakan kehamilan yang tidak normal?, simak penjelasan dibawah ini...

Berat Badan Turun Saat Hamil, Normal Kah?

Pengalaman pribadi penulis saat mengandung anak pertamanya berat badan sebelum hamil 45 dan setelah hamil tiap bulannya turun 1 kilo, sehingga pada bulan ke tiga usia kandungan berat badan menjadi 43, tentu saja hal tersebut sangat membuatnya cemas, takut, dan kepikiran akan keadaan sendiri dan bayinya, sehingga jalan yang tepat diambilnya adalah konsultasi dengan bidannya. dan ternyata berat badan yang turun saat trimester pertama memang sebuah hal yang wajar dan tidak perlu ditakuti, karena saat-saat tersebut asupan makanan yang diterimanya menjadi sedikit karena mual dan muntah yang dialami, dan keadaan tersebut tidak berpengaruh pada kondisi bayinya.

Pada ibu hamil dengan berat badan lebih, kondisi menurunnya berat badan merupakan kondisi yang baik karena baik untuk mencegah komplikasi kehamilan lainnya seperti preeklamsia. namun untuk ibu hamil yang berat badan normal harus lebih hati-hati jika sudah memasuki trimester ke 3 karena dikhawatirkan berat badan janin lebih kecil dari ukuran normal.

Nah untuk mengatasi kondisi berat badan turun saat hamil ini, Ibu perlu memastikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pilihlah makanan yang bergizi dengan jumlah yang cukup. Bisa jadi Ibu sudah merasa makan banyak tetapi makanan tersebut tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat hamil.

Asupan protein, kalsium dan asam folat menjadi daftar nutrisi penting selama kehamilan. Pilih makanan dengan buah-buahan segar, sayuran serta protein tanpa lemak seperti ayam dan ikan. Hindari makanan tinggi lemak dari makanan cepat saji atau makanan olahan yang tidak mengandung nutrisi yang cukup.


 
Tebarkan Kemanfaatan