Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengenakan Mukenah Saat Sholat


Dalam islam sholat merupakan kuwajiban bagi seluruh umatnya, salah satu yang terpenting dalam sholat adalah menutup aurat karena merupakan syarat sah nya sholat, bagi muslimah menutup seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan adalah wajib, sehingga muncul lah mukenah yang difungsikan untuk menutup aurat saat sholat di wilayah nusantara.

Ada berbagai macam model mukenah di indonesia diantaranya mukenah yang lajuran dari atas sampai bawah dan ada juga yang potongan atau setelan, keduanya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing namun alangkah baiknya jika kita mengetahui  kekurangan tersebut sehingga bisa berhati-hati dalam menggunakan mukenah baik yang lajuran maupun yang putusan.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan mukenah diantaranya:
1. pastikan wajah terbuka, dan hati-hati jangan sampai leher kelihatan, gunakanlah mukenah yang ada tempat untuk dagu.
2. pastikan kedua telapak tangan terbuka, dan hati-hati jangan sampai terlalu terbuka sampai kelihatan lengannya.

Berikut ini kekurangan yang biasanya terdapat dalam pemakaian mukenah baik yang lajuran maupun putusan.

Mukenah Lajuran
1. jika bagian lengan yang terlalu panjang sehingga menutupi telapak tangan saat sujud maka bisa menyebabkan shalatnya tidak sah, karena seperti yang kita ketahui bahwasannya telapak tangan dan wajah harus menempel ke tempat sujud.
2. jika bagian wajah terlalu banyak aksesoris yang berlebihan sehingga menghalangi wajah saat sujud maka hal demikian juga bisa menyebabkan tidak sahnya sholat karena sujud merupakan rukun dari sholat.

Mukenah Putusan (setelan)
1. jika terlalu pendek bisa menyebabkan terbuka saat ruku dan kelihatan lengannya.
2. saat takbir harus lebih hati-hati karena rawan kelihatan lengannya.
3. mudah terhempas angin dan akan kebuka auratnya.

Jadi apapun mukenah yang dipakai kita harus berhati-hati dalam mengenakannya saat sholat jangan sampai menjadi penyebab tidak sahnya sholat kita karena tidak sesuai syariat

0 Response to "Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengenakan Mukenah Saat Sholat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2