Skip to main content

follow us

Hukum Makmum Membarengi Gerakan Imam Dalam Sholat



Dalam melakukan sholat berjamaah adakalanya sang makmum mendahului imamnya baik dari segi rukun qouliyah, maupun fi'liyah lalu bagaiman hukum sholatnya ? batalkah? dan jawabanya ada bermacam-macam dari haram, sunah, makruh bahkan wajib dan kami akan membahas satu persatu.

Haram, makmum mendahului imam dalam sholat berjamaah itu dihukumi haram jika makmum mendahului imam dalam rukun takbirotul ikhrom dan itu juga menyebabkan sholatnya tidak sah atau batal, lebih baik diulang kembali, jadi pastikan takbirotul ikhrom kita sebagai makmum setelah takbirotul ikhrom imam yah...

Sunnah, yang kedua dihukumi sunnah bagi makmum yang mendahului imam dalam sholat berjamaah yaitu ketika ketika bareng bersama imam dalam membaca aamiin setelah imam selesai membaca surat al-fatihahnya, bahkan malaikat pun membaca aamiin bareng dengan imam, maka sudah dipastikan makmum juga membaca aamiin bareng dengan malaikat dan harapannya do'a akan terkabul karena Allah selalu mengabulkan do'a malaikat, aamiin...

Makruh, nah yang ketiga hukum membarengi imam dalam sholat adalah makruh bahkan bisa menghilangkan fadhilah atau keutamaan dalam sholat berjamaah yaitu ketika makmum membarengi imam dalam gerakan yang terdapat dalam sholat secara sengaja, begitu juga saat makmum membarengi imam dalam mengucapkan salam, jadi untuk berhati-hati kita dalam melakukan sholat berjamaah alangkah lebih baiknya menunggu gerakan imam kemudian makmum baru mengikuti.

Wajib, membarengi imam dalam sholat yang ke empat dihukumi wajib yaitu ketika makmum mengetahui bahwa jika ia tidak membaca surat al-fatikhah bersama dengan bacaan imam maka ia tidak akan dapat menyelesaikan bacaan al-fatikhah nya secara sempurna, maka dalam keadaan ini ia wajib hukumnya membaca fatikhah bersama dengan bacaan imam.

Mubah, hukum yang terakhir makmum membarengi imam dalam sholat adalah mubah atau boleh yaitu membarengi imam dalam selain permasalahan yang telah dijelaskan diatas, seperti membarengi imam dalam bacaan tasbih ketika ruku' dan sujud, membarengi imam dalam bacaan iftitah dan lain-lain.

Selaku makmum kita harus mengetahui dan paham tentang hal tersebut diatas supaya sholat kita sah, semoga bermanfaat...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar